Teorema Thevenin Norton

Pada intinya ending dari teorema Thevenin Norton adalah menentukan arus, tegangan, dan/atau daya yang diberikan pada tahanan beban oleh sisa rangkaian (beban yang ditanya atau yang mau dicari/dianalisa). Karena rangkaian serumit apapun akan lebih mudah dihitung/dianalisa jika rangkaiannya disederhanakan, dan salah satu caranya adalah dengan Thevenin dan Norton ini....

manfaatnya menggunakan teorema ini adalah dapat digunakan untuk mempermudah dalam menentukan daya max yang dapat diambil dari penguat/jenis beban yang diperlukan untuk mencapai pemindahan daya max; untuk mendapatkan penguatan arus atau penguatan tegangan praktis max.

Thevenin --> mengganti semua rangkaian (kecuali tahanan beban) dengan sebuah rangkaian ekivalen yang mengandung hanya sebuah sumber tegangan bebas yang seri dengan sebuah hambatan (Rth) yang nantinya akan dihubungkan kembali secara seri dengan R beban.

Norton --> menjadi rangkaian ekivalen dengan sumber arus bebas yang terpasang paralel dengan sebuah tahanan pengganti (Rth) dan paralel juga dengan R beban.

Jadi, intinya, Thevenin & Norton adalah untuk mengganti sebagian besar dari sebuah jaringan (yang kelewat ruwet) menjadi rangkaian ekivalen yang sederhana, dengan demikian penghitungan akan menjadi lebih sederhana.... (^-^)

nB; gambar menyusul~!!!!

Link to Anda&Panda