Perbedaan Virus, Worm, dan Trojan

Virus, worm, dan trojan termasuk jenis malware (malicious software) atau program jahat. Worm (cacing komputer) merupakan suatu program yang dapat mereplikasi dirinya dan mengirim beberapa salinan dari komputer satu ke komputer lainnya lewat hubungan jaringan. Worm bekerja dengan cara menggandakan dirinya dalam memori pada setiap komputer yang terinfeksi, sehingga dapat menyebabkan sistem tersebut mengalami crash.

Perbedaan mendasar dari worm dan virus yaitu, virus menginfeksi target kode, sedangkan worm hanya tinggal di memory. Worm merebak dari satu komputer ke komputer lain tanpa bantuan user sebagai pengguna komputer, sedangkan virus menggunakan bantuan user. Worm memanfaatkan file atau skrip transportasi informasi sistem komputer yang memungkinkan berpindah tanpa bantuan user. Worm umumnya berbentuk file executable (berekstensi .exe atau .scr) yang terlampir (attach) pada e-mail. Tetapi ada beberapa jenis worm yang berbentuk script yang ditulis dalam bahasa Visual Basic (VBScript).
Trojan atau trojan horse adalah program jahat yang membuat kerusakan sistem komputer dengan cara disamarkan. Penggunaan istilah trojan atau trojan horse dimaksudkan untuk menyusupkon kode-kode mencurigakan yang merusak di dalam sebuah program baik-baik dan berguna.
Trojan bersifat samar atau tidak terlihat. Dalam operasinya berbentuk seolah-olah program tersebut merupakan program baik-baik. Program ini memang tampak seperti program biasa, tapi setelah diinstal atau dijalankan, program ini baru bisa merusak sistem. Trojan juga dapat membuat backdoor pada komputer yang terinfeksi sehingga membuat user lain memiliki akses pada komputer tersebut. Tidak seperti virus dan worm, trojan tidak memproduksi dirinya sendiri dan umumnya mereka dibawa oleh utility program lainnya.